Private Name Server adalah hal yang vital bila anda menggunakan Reseller Hosting, karena dengan private ns akan menyamarkan default NS yang anda dapatkan dari provider reseller hosting tempat anda membelinya.

Dengan Private NS , customer di bawah anda hanya akan mengetahui brand anda sendiri yang di branding dengan domain milik anda sendiri.

Jadi bila anda menggunakan Reseller Hosting jangan lupa hal pertama yang harus anda customisasi adalah Private Name Server terlebih dahulu sebelum anda berjualan atau create account cpanel via WHM anda.

Yang kami bahas disini adalah bila anda menggunakan panel domain dengan panel LIquid ya , bila panel domain anda menggunakan orderbox maupun milik godaddy dan name cheap tentunya beda dikit tapi caranya hampir sama, yang membedakan hanyA istilah penamaan saja bila ingin memasukkan IP servernya.

Contoh :

panel Liqu.id & orderbox mereka bisanya menyebutkan Childname Server

panel di namecheap mereka menyebutnya Personal DNS Server

panel godaddy mereka menyebutnya HOST

Intinya tetap sama, yaitu memasukkan IP ke panel domain sebagai Name server,  sekali lagi untuk contoh tutorial ini menggunakan LIQU.ID ya .

Bila anda sudah order reseller hosting dan sudah mendapat informasi login tentunya anda mendapat IP juga, biasanya di berikan 2 IP

Contoh Ip nya : 192.168.1.1 dan 192.168.1.2

Masuklah ke panel domain dan cari Childname Server sbb :

Klik maka akan terbuka :

Masukkan IP seperti di atas , namun IP Default dari penyedia resellernya ya , anda save satu per satu.

Setelah selesai, tutup panel domain anda . Silahkan masuk ke WHM ( Web Host Manager ) anda dapat mengaksesnya dengan cara :

domainanda.tld/whm atau domainanda.tld:2087

Cari Edit DNS ONE

Pilih domainnya kemudian tambahkan sbb

NS1 dan NS 2 nya seperti di atas ( IP dengan ip yg anda dapatkan )

 

Demikian adalah cara membuat Private Name server bila anda menggunakan Reseller Hosting, selebihnya anda bisa meminta bantuan ke provider anda, untuk cek , bila ada problem mereka akan membantunya.