Dalam postingan kali ini , kami akan memberikan tutorial Cara Mengubah Konfigurasi PHP pada Directadmin yang dalam keseharian hal ini sangat penting dilakukan mengingat kebutuhan setiap website itu berbeda-beda konfigurasinya tergantung system requirement pembuatnya .

Ada 2 hal penting yang ingin kami sampaikan postingan kali ini adalah cara mengubah konfigurasi php pada directadmin ada 2 cara :

  1. Cara bila server cloud hosting directadmin anda tidak menggunakan CloudLinux OS
  2. Cara bila server cloud hosting directadmin menggunakan CLOUDLINUX OS + PHP Selector

2 hal tersebut kami sampaikan karena tidak semua server cloud hosting directadmin menggunakan cloud linux meskipun menurut kami cloud linux adalah teknologi OS yang wajib ada dan disematkan di semua server ( menurut kami ya ).

Cara ke 1 : bila server cloud hosting directadmin tidak menggunakan CloudLinux OS

Cara ini anda lakukan apabila anda sudah memastikan bahwa server cloud hosting anda tidak menggunakan cloudlinux os , hal ini di tandai dengan tidak adanya fitur : SELECT PHP VERSION. Sehingga anda harus menggunakan cara standard directadmin.

Untuk mengubah versi PHP anda ke menu cion DOMAIN SETUP sbb :

Klik , dan akan muncul list domain anda, klik nama domain anda kemudian akan terbuka versi PHP nya sbb :

Klik PHP Version Selector

Setelah di pilih silahkan klik SAVE dan MODIFY , silahkan tunggu 3 menit, PHP version anda akan berubah sesuai pilihan anda.

FYI : untuk settingan php lainnya anda tidak bisa lakukan di menu yang sama , krn server cloud hosting tidak menggunakan cloudlinux os , sehingga untuk mengubah parameter php seperti :

  • max_execution_time
  • max_input_time
  • max_input_vars
  • memory_limit
  • post_max_size
  • upload_max_filesize
  • dsb

Anda harus menggunakan menu fitur berbeda, Ok untuk mengubah parameter seperti diatas sesuai kebutuhan anda silahkan cari fitur menu sbb :

Silahkan anda sesuaikan settingan sesuai kebutuhan anda, gambar di bawah ini adalah contoh konfigurasi yang biasa kami gunakan, anda bisa menggunakan mengaturnya sesuai kebutuhan anda :

Setelah selesai silahkan klik SAVE .

Cara ke-2 : Cara bila server cloud hosting directadmin menggunakan CLOUDLINUX OS + PHP Selector

Cara ini bisa anda ikuti apabila server cloud hosting directadmin yang anda gunakan sudah dipastikan menggunakan CloudLinux OS , dengan cara ke2 ini semua berada dalam 1 menu saja tidak perlu berpindah2 fitur dan saat ini fitur ini yang paling mudah dan nyaman dengan pilihan versi PHP yang lebih banyak di bandingkan tidak menggunakan cloudlinux .

Langsung saja ke menu Select PHP Version

akan muncul interface sbb :

Untuk parameter angka php configuration , silahkan klik OPTION

Mudah bukan ?? dengan apabila server cloud hosting directadmin anda menggunakan CloudLInux akan lebih fleksibel dan pengaturan dan variasi versi PHP yang lebih banyak . Contoh paling kecil adalah : PHP 5.6 di default directadmin dengan os terbaru pun sudah tidak di support, sehingga mau tidak mau anda harus menggunakan versi terbaru. Sedangkan di cloudlinux anda bisa pilih php 5.6 dengan leluasa , enable/disable modul2 php lainnya .

Bila anda membutuhkan cloud hosting directadmin yang menggunakan cloudlinux os anda bisa mempertimbangan cloud hosting directadmin dari Atrium Hosting , kami sudah menggunakan cloudlinux di semua server cloud hosting kami tanpa terkecuali untuk memberikan kenyamanan dan menggunakan cloud hosting.

#PHPVERSION #CLOUDLINUX #ATRIUMHOSTING

5/5 - (3 votes) Cloud Hosting Indonesia Terbaik
Exit mobile version