Kami akan memberikan tutorial mudah yaitu cara menyembunyikan akses wp-admin wordpress anda agar web atau blog wordpress anda yang berbasis wordpress self-hosted menjadi lebih aman. Anda bisa juga bisa cek tutorial lainnya perihal keamanan wordpress lanjutan di web kami AtriumHosting.Com.

Salah satu cara untuk melindungi akses wp-admin website wordpress dari public adalah dengan cara menyembunyikannya sesuai dengan nama dan folder yang anda inginkan .

Menyembunyikan wp-admin saat ini dapat mencegah adanya brute force attack pada akses utama wp-admin atau wp-login.php pada sebuah website yang menggunakan wordpress. Namun meskipun termasuk tindakan efektif, menyembunyikan folder wp-admin hanya mencegah dari bot brute force , biasanya berupa software yang akan mencoba login ribuan kali dan kombinasi berbeda.

Untuk hacker yg pro , menyembunyikan folder wp-admin ini kurang efektif ya kawan , krn hacker yg pro dapat melakukan scan path folder wp-admin . Namun krn saat ini yang paling sering adalah brute force menggunakan software hacking dan bad bot, maka di postingan ini akan memberikan tutorial menyembunyikan wp-admin dari ancaman bruteforce.

Dari hasil review client kami , cara ini terbukti masih ok untuk penggunaan sehari-hari dan mudah .

Langkah pertama adalah install plugin nya , plugin ini di namakan : WPS HIDE LOGIN, silahkan gunakan menu – Plugins – Add New Plugin :

menyembunyikan akses wp-admin

Setelah klik INSTALL kemudian klik ACTIVATE

Kemudian masuk ke menu SETTINGS – WPS HIDE LOGIN dari sidebar kiri

menyembunyikan akses wp-admin

Pada Login URL silahkan isi dengan nama yg anda inginkan , defaultnya adalah wp-admin , silahkan anda ubah sendiri sesuai keinginan anda , misal loginsaya, atau loginxxxx atau akses12, dsb .

Untuk redirection url : isi terserah anda juga atau biarkan saja default 403

Setelah itu jangan lupa klik SAVE CHANGES

Pertanyaan yang sering diajukan :

Apabila saya sendiri lupa pake nama apa sebagai ganti wp-admin , bagaimana cara saya login ?

Jawab :

Mudah , masuk ke panel hosting anda, file manager, dan rename folder wps-hide-login menjadi _wps-hide-login, maka akses wp-admin akan normal kembali dan bisa digunakan.

Ikuti cara ini agar website wordpress anda aman

Selamat mencoba kawan 🙂

5/5 - (4 votes) Cloud Hosting Indonesia Terbaik