Fitur Timezone WHMCS ini merupakan fitur yang sebenarnya di perlukan di WHMCS , namun lucu nya fitur ini tidak pernah ada dalam bentuk Interface di settingan WHMCS, sehingga untuk orang awam merasa mumet bila harus setting ini itu yang berurusan dengan system billing .

Namanya billing dan invoice ini bisa jadi berabe bila berbeda timezonenya , krn terkait tanggal penagihan ke client kita. OK lah bila kita menggunakan server Indonesia , masalah timezone tidak akan menjadi masalah apa2 , krn settingan server otomatis sudah tersetting secara default ke ASIA/Jakarta.

Namun tidak semua dari kita menempatkan billing system whmcs kita di servel lokal Indonesia , krn alasan-alasan tertentu kita menampatkan billing whmcs kita di negara lain.

Misal kita menaruh billing system whmcs kita di USA, Timezone WHMCS akan mengikuti USA , begitu juga di Eropa , timezone akan mengikuti waktu eropa.

Nah di postingan kali ini ada solusi untuk anda yang menggunakan Billing System WHMCS untuk berjualan hosting, reseller atau web design dan ingin mengganti Timezone ( Zona Waktu ) WHMCS anda dengan mudah.

Cek settingan di WHMCS anda di : UTILITTIES – SYSTEM – PHP INFO

Cek bagian :

timezonewhmcs

Pada bagian bawah kami lingkari adalah DIRECTIVE – ini tergantung pemilik servernya ya gan , di set global apapun dari root kita akan ngikut default pemilik server, apalagi bila kita tidak di ijinkan untuk mengubah Directive PHP.INI, maka directive ini tidak dapat kita ubah krn biasanya berpengaruh ke seluruh server.

Yang bisa kita ubah adalah bagian atas, tadinya Time zone WHMCS bagian atas juga memiliki timezone yang sama yaitu Europe/Berlin, kemudian setelah kami ubah ke ASIA/Jakarta, timezone bagian atas bisa berubah ke zona waktu kita.

Caranya :

Cek file configuration.php , jangan lupa set permission ke 644 dulu , bila saat ini kode permission lain , di ubah ke 644 aagr bisa di rubah isinya .

Masukkan kode ini ke bagian bawah / tambahkan saja ke baris bawah file tersebut sbb :

date_default_timezone_set('Europe/London');

kemudian save dan set kembali permission chmod ke 400 agar aman tidak bisa di write.

Setelah itu cek kembali timezone anda ke php info seperti contoh di atas.