Dalam dunia “perhostingan” begitulah orang awam menyebutnya 🙂 tentunya kita sudah sering dengan istilah HDD Sata maupun SSD. SSD adalah storage dengan kecepatan yang lebih cepat dari pada SATA HDD, ya karena sata kurang lebih hanya memiliki speed maksimal 600 mbps saja.

Seiring dengan berjalannya waktu , layanan web hosting yang menggunakan SATA HDD biasa mulai menggunakan SSD yang di klaim memiliki transfer data lebih cepat dan lebih awet , salah satu alasannya adalah krn dalam SSD Drive tidak ada mekanik yang bergerak/berputar seperti halnya pada SATA HDD biasa.

Saat ini kebanyakan server hosting sudah banyak sekali menggunakan SSD Drive yang menjanjikan performa IO speed lebih baik bila web anda lebih intense menggunakan database atau read and write lebih sering.

Teknologi terbaru dari SSD saat ini adalah SSD NVMe , tekonologinya hampir sama namun di klaim lebih baik dari SSD yang biasa kita kenal, selain bentuknya yang lebih kecil dan ringan , SSD NVMe ini juga performa di atas rata2 SSD biasa.

Hosting NVMe memungkinkan kecepatan transfer yang sangatlah tinggi dibandingkan standar terdahulu, sehingga diperlukan koneksi baru yang mampu menampung kecepatan yang lebih tinggi dari SATA. Untungnya interkoneksi dengan kecepatan tinggi tersebut sudah tersedia sejak lama, yakni PCI Express. PCIe mampu mentransfer data hingga 500 mbps per jalur untuk PCIe 2.0, dan 985 mbps per jalur untuk PCIe 3.0. Jika dipasangkan pada slot PCIe4x maka didapat kecepatan sebesar 2 gbps dan 4 gbps untuk masing-masing.

Dan kini terdapat SSD yang konektor M.2 terbaru, seperti Samsung SM951 yang ditemukan diberbagai macam laptop dan juga Samsung 950 PRO yang merupakan kakak besar yang reviewnya akan datang di pemmzchannel. M.2 adalah interkoneksi terbaru yang mirip dengan mSATA, namun M.2 sudah mendukung teknologi NVMe. Perlu diperhatikan terdapat juga SSD dengan koneksi M.2 yang masih menggunakan standar SATA, jadi disarankan untuk berbelanja secara teliti. Konektor M.2 sudah mulai tersedia diberbagai macam motherboard desktop dan juga laptop. Terdapat satu masalah untuk SSD NVMe, seperti halnya dengan berbagai teknologi baru, harga SSD NVMe pun masih tergolong tinggi.

Baca  Hosting Untuk Magento

Di AtriumHosting sendiri hampir seluruh paket layanan hosting dari yang termurah sudah menggunakan SSD dan SSD NVMe pada WordPress Hosting sehingga menjamin performa terbaik dalam setiap layanan hosting yang anda gunakan di jaringan kami.